Cara Memindahkan Data dengan Kabel Cross LAN


Pernahkah kalian menghadapi masalah seperti ini, kalian mempunyai teman, dan teman kalian tersebut memiliki sebuah game bagus yang kalian suka. Tetapi ukuran dari game tersebut terlalu besar untuk dikirim melalui flashdisk. Mudah jika kalian mempunyai harddisk external, tetapi untuk membeli sebuah harddisk external tentu akan menguras uang. Nah, kalian bisa menggunakan kabel cross LAN untuk mengirim data dari dua buah komputer yang saling terhubung. Dengan menggunakan kabel UTP cross, kalian bisa membuat jaringan LAN sederhana. Kalian dapat memindahkan data dari komputer/laptop ke komputer/laptop lainnya.

Jika memang kalian sedang menghadapi masalah seperti diatas, maka tidak salah kalian berkunjung kemari. Disini saya akan memberikan cara  untuk men-setting latop/komputer kalian agar bisa memindahkan data dari laptop/komputer teman kalian.


Pertama siapkan sebuah kabel UTP cross, jika kalian belum mempunyai kabel UTP cross, kalian bisa membuatnya dengan mudah, Hubungkan kedua latop/komputer dengan kabel UTP cross LAN, jika sudah benar, maka indikator akan menyala di tempat kalian mencolokkan kabel LAN tersebut.
Jika sudah, klik menu START > Control Panel > Network and InternetNetwork Connections. Lalu pilih Local Area Network > klik kanan >Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
Kemudian atur IP LAN masing-masing komputer/laptop seperti gambar dibawah ini:
Misalkan komputer/laptop A:
dan komputer/laptop B:

Jika sudah sampai men-setting IP address pada kedua komputer/laptop, sekarang kalian bersiap mengirim file. Sebelumya, jika kalian ingin mengirim file ke komputer/laptop B, buatlah sebuah folder di Desktop laptop B. Misalkan saja kalian memberi nama folder tersebut dengan nama "LAN". Kemudian klik kanan > Properties. Pilih tab Sharing, lalu klik Advanced Sharing > klik Share this folder >Apply > OK.
Sekarang kalian siap untuk mengirim file. Tapi sebelumnya matikan dulu firewall masing-masing komputer/laptop.
Masuklah pada alamat control panel seperti pada gambar diatas. KlikTurn Windows Firewall on or off untuk mematikan atau menghidupkan firewall. Saya menggunakan windows 7, mungkin ada sedikit alamat control panel yang berbeda dengan di windows XP atau Vista. Tapi pada intinya sama saja, matikan firewall.

Nah, sekarang kalian dapat mengirim file sesuka kalian. Ketikkan IP address komputer B pada address bar komputer A.
Caranya seperti ini, ketik: //192.168.7.2 (tanpa tanda petik).

Jika sudah, di komputer A akan terdapat folder yang sudah di share tadi, sekarang dari komputer A dapat mengirim game yang berukuran besar atau file apapun yang berukuran besar dan kecil.

0 komentar:

Poskan Komentar